Beranda Tips Trik Manfaat Baik Liburan Untuk Kesehatan, Apa saja itu ?

Manfaat Baik Liburan Untuk Kesehatan, Apa saja itu ?

53
0
BERBAGI

Manfaat Liburan Bagi Kesehatan – Liburan adalah waktu yang paling banyak dinantikan oleh setiap orang yang penuh rutinitas, dengan liburan banyak hal yang bisa dilakukan.

Mulai hal yang sederhana sampai liburan yang memakan biaya cukup mahal, tergantung persiapan anggaran yang selama ini anda tabung.

Manfaat besar dari liburan untuk kesehatan dan pikiran anda, selain bisa mengobati rasa kejenuhan yang selama ini menjadi faktor utama anda menjedi stres.

Setelah anda keluar dari rutinitas sehari-hari di kantor, cobalah anda menghirup suasana ketika anda liburan di tempat pegunungan yang jauh dari keramaian, dan menikmati lingkungan yang berbeda.

Setiap liburan memiliki manfaat unik bagi beberapa orang, mulai dari hal-hal yang dapat menyatukan anda dengan para sahabat atau rekan kerja anda.

Manfaat Baik Liburan Untuk Kesehatan

Kadang-kadang suatu perjalanan adalah suatu eksplorasi perjuangan dan orang merubah cara mereka memandang diri dan keadaan di sekitar.

Sulit bagi mereka untuk meluangkan waktu di rumah bersama keluarga tercinta anda yang telah menekan anda hal pekerjaan yang harus anda selesaikan.

Tetapi hal itu bukan jadi masalah sepanjang kita memfokuskan pada aspek positif untuk liburan, terutama untuk kesehatan, para peneliti telah menunjukkan kepada semua semua orang di dunia.

Liburan ternyata sangat dianjurkan oleh para dokter karena memiliki pengaruh terhadap peningkatan kesehatan.

Beberapa Manfaat Baik Liburan Untuk Kesehatan

Manfaat Baik Liburan Untuk Kesehatan


Hidup Lebih Lama dan Awet

Suatu penelitian yang dilakukan terhadap 749 wanita yang berumur 45-64 tahun di Amerika menunjukkan baik ibu rumah tangga maupun wanita kerja yang mengambil liburan memiliki peningkatan signifikan dalam penurunan serangan jantung.

Ibu rumah tangga yang mengambil liburan sekali dalam enam tahun atau kurang memiliki hampir dua kali resiko timbulnya serangan jantung dibanding yang berlibur dua atau lebih per tahun.

Menjaga Sel Otak

James Sands dari South Coast Institute for Applied Gerontology meneliti 112 wanita yang berumur 65-92 dan menemukan ada suatu hubungan antara rutinitas hidup yang banyak dengan menurunnya fungsi intelektual.

Meskipun ada hubungan positif antara liburan dengan fungsi intelektual.

Meningkatkan Kepuasan Hidup

Linda Hoopes dan John Lounsbury, peneliti Departemen Psikologi Universitas Tennessee mensurvey 128 pegawai sebelum dan sesudah liburan.

Mereka menemukan ada suatu peningkatan dalam kepuasan hidup setelah melakukan liburan.

Menurunkan Ketegangan

Stress eksternal dan kegiatan kehidupan baik di tempat kerja atau rumah dapat membuat seseorang merasa gembira atau stress.

Gejalanya termasuk perasaan lelah, tidak memiliki motifasi, tidak tertarik melakukan sesuatu, tidak antusias dan bahkan perasaan takut.

Peneliti dari Departemen Psikologi Universitas Tel Aviv. Mina Westman dan Dove Eden menemukan perasaan tertekan dalam 76 pegawai menurun signifikan selama liburan.

Memperbaiki Kehidupan Keluarga

Dilaporkan dalam An experiment in leisure (Science Journal, 1968), W.J. Kaiser menganalisa respon dari 390 pegawai pabrik baja yang melakukan liburan selama 13 minggu.

Ia menemukan liburan ternyata dapat memberikan keuntungan bagi kehidupan keluarga.

Para pekerja dilaporkan lebih tertarik dan berbagi kegiatan dengan pasangan dan anak-anak mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here